Al-Qur'an Online

My wedding memory

Jumat, 03 Juni 2011

Tips Memilih Modem CDMA dan GSM

Pada saat ini banyak cara untuk dapat mengakses internet, salah satunya dengan berlangganan akses internet menggunakan provider cellular. Jika anda tertarik dan berniat membelinya, ada baiknya anda mencari informasi dan referensi terlebih dahulu provider apa yang sesuai dengan kebutuhan berinternet anda.
Jika anda memilih modem CDMA dan GSM sebagai akses internet, berikut ini tips yang layak anda simak.
Pahami letak geografis anda.
Letak geografis sangat berpengaruh bagi akses internet CDMA, karena lokasi menggunakan modem menentukan kualitas akses internet. Semakin dekat lokasi anda dengan BTS, semakin baik pula koneksi internet yang anda dapatkan. Begitu juga dengan jumlah pelanggan, semakin sedikit pelanggan, koneksi juga semakin baik.
Ketahui frekuensi sinyal operator.
Di Indonesia, CDMA dibedakan menjadi dua garis besar yaitu frekuensi 800MHz (yang dipakai Flexi, Esia, Star-One, Fren dan Mobile-8) dan 1900MHz (yang dipakai Smart). Frekuensi ini berhubungan dengan modem yang akan anda pakai. Jika anda ingin menggunakan smart maka gunakan modem yang bekerja pada frekuensi 1900MHz. Karena modem yang digunakan operator smart tidak bisa digunakan pada provider yang lain seperti Esia, Flexi atau yang lain. Begitu juga sebaliknya.
Pilih modem yang berkualitas.
Di pasaran banyak sekali varian modem yang dijual. Hal ini tentu membuat kita kesulitan menentukan pilihan. Tips terbaik untuk membeli modem adalah dengan menyimak review modem tersebut. Semakin banyak orang menyarankan sebuah merk modem, berarti modem tersebut semakin berkualitas. Oleh karena itu, ada baiknya blogwalking terlebih dahulu atau keluar masuk forum komputer dan internet, untuk mendapatkan referensi terbaik.
Tentukan budget anda.
Kualitas lebih penting dari pada budget. Jangan pertaruhkan uang anda dengan modem yang kurang berkualitas, hanya gara-gara anggaran tidak mencukupi. Lebih baik anda menunda membeli modem demi mendapatkan modem berkualitas. Karena kenyamanan akses sangat dibutuhkan dalam beriniernet, seperti halnya kenyamanan disaat anda berkendara di jalan raya.
Pastikan bergaransi.
Hal ini juga merupakan hal penting yang terkadang tidak begitu di perhatikan. Garansi akan bermanfaat ketika modem kita bermasalah. Hal ini sangat wajar mengingat modem tidak hanya digunakan sehari dua hari, namun modem akan kita gunakan dalam jangka lama. Jadi sedia payung sebelum hujan berlaku disini.
Semoga tips diatas bermanfaat bagi kita semua. Jika anda ingin menambahi, mengurangi ataupun memodifikasi, anda bisa share bersama disini. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com