Al-Qur'an Online

My wedding memory

Kamis, 20 Januari 2011

PSM: Kami Bukan Pembelot

Ketua umum PSM Makassar Ilham Arief Siradjuddin (tengah). Foto: Andi Aisyah/Okezone.com
MAKASSAR – PSM Makassar menolak dikatakan pembelot atau pembangkang dari PSSI. Pasalnya PSM punya alasan tersendiri saat memutuskan keluar dari kompetisi Liga Super Indonesia milik PSSI.

Kepada Okezone, Ketua Umum PSM Ilham Arief Siradjuddin mengemukakan, PSSI harus menjelaskan apa alasannya tidak mengundang PSM dalam kongresnya di Bali mendatang. Menurutnya, sanksi keanggotaan seharusnya diputuskan di kongres, bukan oleh perseorangan.

"Kami seharusnya dipanggil untuk mempertanggungjawabkan keputusan keputusan pindah kompetisi itu. Berikan ruang untuk klarifikasi. Jangan tutup ruang dialog, "tutur Ilham yang lebih akrab dipanggil Aco ini.

Ilham mempertanyakan mekanisme organisasi PSSI yang memutuskan sepihak boleh tidaknya PSM Makassar hadir di kongres itu. "Beri ruang klarifikasi di forum resmi. Jangan serta merta kami dianggap melakukan pelanggaran sehingga tak berhak hadir di kongres sama sekali. Jika tak diberi kesempatan, publik pasti bertanya-tanya. Ada apa dengan PSSI, persoalan akan semakin runyam jika kami tak diundang "ujarnya.

Ilham mengimbuhkan, pihaknya pindah kompetisi bukan karena tak suka pada PSSI. Keputusan itu diambil semata karena semakin tidak sehatnya sistem kompetisi PSSI. "Dalam perjalanan ISL ada sistem yang tidak becus. Kepemimpinan wasit yang tidak profesional. Denda yang tidak jelas. Perpindahan lokasi pertandingan yang merugikan, serta larangan PSM melakukan banding atas sanksi pelaksana kompetisi, "jelas Walikota Makassar ini.

Mundurnya PSM dari ISL juga berkait dengan ketidaksanggupan membiayai Pasukan Ramang pada 2011. Pasalnya kata Ilham pihaknya sudah bertekad melakukan perbaikan sarana prasarana lapangan. Menurutnya, itu akan bermanfaat untuk peningkatan kualitas dan pembinaan pemain.

"Kepindahan ke LPI demi menjaga atmosfir sepakbola di Makassar yang punya sejarah bagus. Ini faktor kompetisi dan pembiayaan. Saya takut pemda dibebani dengan dana APBD ke sepakbola yang semakin besar, tapi tanpa prestasi berarti. Setidaknya dengan meninggalkan ISL, dana APBD itu bisa dialihkan untuk pembinaan pemain dan perbaikan lapangan, "pungkasnya.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Nugraha Besoes menyatakan, PSM, Persema dan Persibo tak berhak ikut Kongres PSSI di Bali. Pasalnya, berdasarkan surat FIFA, PSSI berhak menjatuhkan sanksi pada ketiga klub, juga pemain, pelatih, dan perangkat pertandingan yang terlibat di LPI.

Rencananya, masalah tersebut akan disampaikan dalam kongres, yang juga akan membahas jadwal kongres 5 tahunan untuk pemilihan ketua umum.
(hmr)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com